Penyebab Penuaan kulit dan tips perawatan kulit keriput

Semua orang tumbuh lebih tua dan dengan usia, kulit kehilangan elastisitasnya meninggalkan Anda dengan kerutan mengerikan yang memberikan usia Anda. Taukah anda bahwa pada kenyataannya, ada dua jenis yang berbeda dari penuaan yaitu penuaan intrinsik (internal) dan penuaan ekstrinsik (eksternal). Penuaan intrinsik atau penuaan alami disebabkan oleh gen kita disebut penuaan alami. Sedangkan penuaan ektrinsik dikenal sebagai penuaan yang disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tentang penuaan alami dan penuaan faktor lingkungan dan beberapa tips kesehatan kulit untuk mencegah kulit keriput.

Penyebab Penuaan kulit dan tips perawatan kulit keriput
Penyebab Penuaan kulit dan tips perawatan kulit keriput
Penuaan alami, merupakan proses yang berkesinambungan yang biasanya dimulai pada umur 20-an ke atas. Dalam kulit, produksi kolagen menjadi lambat, dan elastin, zat yang memungkinkan kulit untuk kembali ke tempatnya. Sel kulit mati tidak menumpahkan secepat dan pergantian sel-sel kulit baru bisa sedikit menurun. Meskipun perubahan biasanya dimulai pada 20-an. tanda-tanda penuaan intrinsik biasanya tidak terlihat selama beberapa dekade. Tanda-tanda penuaan intrinsik adalah:

Penuaan faktor lingkingan, sering bertindak bersama-sama dengan proses penuaan normal prematur usia kulit kita. Penuaan yang paling dini disebabkan oleh paparan sinar matahari. Faktor eksternal lain yang prematur usia kulit kita adalah ekspresi berulang wajah, gravitasi, posisi tidur, dan merokok. Tanpa perlindungan dari sinar matahari, hanya beberapa menit dari paparan setiap hari selama bertahun-tahun dapat menyebabkan perubahan nyata pada kulit. 

Jika Anda terganggu oleh tanda-tanda penuaan, sejumlah ada beberapa perawatan misalya Pengisi suntik dan botulinum toksin cocok untuk orang dengan gaya hidup yang sibuk yang tidak ingin ketidaknyamanan pemulihan yang lama. Radiofrequency adalah prosedur yang menawarkan alternatif untuk facelift tradisional. Dermabrasi, laser resurfacing, chemical peeling, mikrodermabrasi, dan beberapa perawatan topikal dapat mengembalikan kulit, memberikan penampilan yang halus dan segar. Penelitian ilmiah di bidang anti-penuaan terus menimbulkan pilihan pengobatan baru dan menjanjikan. Seorang dokter kulit dapat membantu Anda memilah-milah banyak pilihan, termasuk segudang pilihan produk dari berbagai negara. Selama konsultasi, dokter kulit akan memeriksa kulit Anda, diskusikan harapan Anda, dan merekomendasikan pilihan pengobatan yang sesuai. 

Tapi setiap sekali-sekali kita semua mengalami orang-orang yang kita melihat dan ada terlihat hanya tidak mengkhianati usia mereka yang sebenarnya . Ingin tahu bagaimana? Hal ini dapat sangat sederhana.

Tips sederhana untuk perawatan kulit keriput:

  • Diet yang baik.
  • Tetap fit. Kesehatan yang baik mencerminkan pada kulit.
  • Hindari kebiasaan buruk seperti merokok karena mereka pasti memberikan kontribusi untuk kulit kusam, kering dan usia.
Demikian artikel mengenai penyebab penuaan dan tips perawatan kulit keriput, jangan lupa bagikan jika info mengenai kesehatan kulit ini bermanfaat bagi anda, tetap ikuti Tips perawatan kulit sehat untuk mendapat info-info menganai perawatan kesehatan kulit sehingga kulit anda menjadi sehat dan segar alami.